5 Wisata Alam di Bangka Belitung, Menakjubkan!

Bangka Belitung dikenal dengan wisata alamnya yang indah. Dengan panoramanya yang indah membuat wisata alam di Bangka Belitung ini menjadi tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Bangka Belitung adalah destinasi yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Berikut adalah 5 tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Bangka Belitung:

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: Wikipedia

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan batu granitnya yang sangat besar dan air lautnya yang jernih. Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah sambil berjemur di atas pasir putih.

Daya tarik dari pantai ini adalah memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Dengan hamparan pasir putihnya yang indah nan lembut.

Selain itu daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi memiliki batu granit dengan ukuran raksasa. Pengunjung pun dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini.

Seperti olah raga air snorkeling, bermain kano atau perahu karet, bermain jetski, diving, berswafoto di antara batu granit.

Serta melihat sunset. Pengunjung juga dapat duduk di atas batu granit yang terdapat di pantai sambil memandangi indahnya Pantai Tanjung.

  • Lokasi: Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Bangka Belitung, sebelah utara pulau Belitung, sekitar 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.
  • Harga Tiket Masuk: Gratis.
  • Jam Buka: 24 Jam. 

2. Pulau Lengkuas

Pulau kecil ini memiliki ikonik yang terkenal yaitu mercusuar tua peninggalan zaman Belanda. Dari atas mercusuar, Anda dapat menikmati pemandangan panorama laut yang memukau.

Daya tarik dari pulau ini selain memiliki air laut yang bening, kedalaman laut di pulau ini hanya 3 meter saja.

Sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat ikan hias dan karang yang indah di dasar laut ketika sedang berenang.

Karena kedalamannya yang termasuk dangkal, Pulau Lengkuas menjadi tempat menyelam bagi pemula yang baru belajar menyelam.

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini selain menyelam yaitu melihat mercusuar peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh sejak tahun 1882.

Untuk dapat naik mercusuar ini pengunjung dikenakan Rp5.000. dari atas mercusuar ini Anda dapat melihat hamparan indahnya laut Cina Selatan serta kapal yang lalu lalang.

  • Lokasi: Tanjung Binga, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung.
  • Harga Tiket: Gratis
  • Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB.

3. Pantai Matras

Pantai yang tenang dengan air laut yang biru dan pasir putih yang lembut. Pantai Matras sangat cocok untuk aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Daya tarik dari Pantai Matras selain pantai yang terpanjang di Bangka, pantai ini tergolong landai da dengan pemandangan pohon kelapa dan aliran sungainya yang jernih.

Pasir putihnya yang lembut dengan bebatuan kerikil kecil, membuat pantai ini nampak seperti mutiara dari kejauhan.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan selain bermain air di pantai, di sini berkemah sambil bakar ikan sambil menikmati suasana malam sambil bersantap ubi goreng keju, kolak labu merah, pisang goreng keju

  • Lokasi:  Desa Sinar Baru, Kec. Sungailiat Timur Laut Pulau Bangka sekitar 40 km dari Pangkalpinang.
  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000 / orang.
  • Jam Buka: 24 Jam.

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: Superlive.id

4. Pulau Pasir

Pulau kecil yang muncul di laut saat air surut. Anda dapat berjalan-jalan di atas pasir putih yang halus sambil menikmati keindahan laut sekelilingnya.

Pulau kecil ini akan muncul saat air di laut mulai surut. Anda dapat berjalan-jalan di atas pasir putih yang halus sambil menikmati keindahan laut sekelilingnya.

Untuk sampai ke Pulau Pasir yang cantik ini, Anda wajib menyebrangi lautan menggunakan kapal boat yang disewakan oleh penduduk setempat.

Jarak dari lokasi pantai ke Pulau Pasir sekitar 20 km dengan lama waktu kurang lebih 15 menit.

Jarak tempuh dari Pantai Tanjung Kelayang ke Pulau Pasir yakni sekitar 20 km saja. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang indah.

  • Lokasi: Desa Air Itam, Pangkal Pinang, Bangka Belitung
  • Harga Tiket Masuk: Rp2.000 / motor dan Rp4.000 / mobil.
  • Jam Buka: 24 Jam.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan danau bekas tambang kaolin yang memiliki air berwarna biru kehijauan yang menakjubkan.

Anda dapat menikmati pemandangan danau yang indah di sekitar tambang kaolin. Danau ini terbentuk dari bekas galian tambang setelah dikeruk lalu membentuk cekungan.

Cekungan inilah yang kemudian menampung air hujan yang cukup banyak. Sehingga terbentuklah Danau Kaolin.

Selama berada di Danau Kaolin Anda bisa berendam dan berenang di danau ini, selain aman air di danau ini bagus untuk kesehatan kulit.

Selain itu Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan air danau yang berwarna biru serta dataran putih seperti salju.

  • Lokasi: Desa Nibun, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung.
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000.
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB.


Selain wisata alam yang meenakjubkan, Bangka Belitung juga memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimilki daerah lain.

Jelajahi keindahan wisata alam di Bangka Belitung dan nikmati liburan yang tak terlupakan bersama keluarga di destinasi ini!***

 

Related Posts

1 komentar

  1. Dari dulu pengen main ke sini tapi belum kesampean. Semoga ada kesempatan bisa ke Bangka Belitung

    BalasHapus

Posting Komentar