Daya Tarik Sasak Panyawangan Wisata Alam Hits dan Instagramable di Purwakarta

Wisata alam Sasak Panyawangan, mempunyai daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata baru yang berlokasi di Kota Purwakarta.

Daya tariknya menyuguhkan sisi yang menawarankan hamparan dua Gunung Bangkok dan Gunung Parang yang megah membentang.

Kedua gunung tersebut berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya. Karena gunung di sini tidak banyak ditumbuhi pepohonan dan lebih banyak bebatuan cadas.

Namun tidak mengurangi keindahan yang yang dihadirkan bahkan cukup menarik pengunjung sebagai wisata alam yang baru dibuka.

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: Native Indonesia

Pesona Sasak Panyawangan yang Memikat Wisatawan

Wisata Sasak Panyawangan sangat cocok untuk me-resfresh rasa penat dan jenuh setelah sepekan berjibaku dengan rutnitas.

Sobat Traveler yang berkunjung ke sini akan banyak menemui spot bagus yang menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Berikut beberapa daya tarik dari wisata alam Panyawangan:

1. Jembatan Bambu

Sasak Panyawangan Purwakarta adalah objek wisata baru yang berupa jembatan bambu. Jembatan ini yang memiliki panjang sekitar 2.5 kilometer.

Terletak diantara dua gunung yaitu Gunung Parang dan Gunung Bongkok. Nama Sasak sendiri berarti jembatan.

Untuk kekuatan jembatan ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pihak pengelola selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Untuk memastikan agar pengunjung aman berjalan di jembatan ini. Sebagai jembatan perenungan, demikian julukan yang disematkan pada jembatan ini.

Dari atas jembatan, Sobat Traveler dapat menyaksikan keindahan panorama Waduk Jatiluhur dari ketinggian kawasan gunung Bangkok.

Meski jembatannya terbuat dari bambu, justru ini yang menjadi daya tarik dari wisata alam ini. Jembatan tersebut menjadi akses menuju ke Gunung Parang dan Gunung Bangkok.

Bahkan dapat melihat kedua gunung tersebut dari jarak dekat. Jembatan bambu ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto ataupun selfie.

2. Gunung Parang dan Gunung Bongkok

Gunung parang dan Gunung Bangkok dihubungkan oleh jembatan Sasak Panyawangan. Jembatan yang memiliki ketinggian yang cukup ekstrim.

Karena menyesuaikan dengan tinggi kedua gunung tersebut. Kedua gunung ini menjadi daya tarik dari obyek wisata Panyawangan.

Jembatan Jambu menjadi akses bagi pengunjung untuk melihat Gunung Bongkok dan Gunung Parang dari jarak dekat.

Ketika berkunjung ke wisata Panyawangan, Sobat Traveler dapat menikmati keindahan dari kedua gunung tersebut.

Bentuk gunung yang cukup unik, seperti mangkuk yang terbalik membuat pengunjung penasaran untuk melihat kedua gunung ini.

Sehingga tidak herang maka banyak pengunjung yang rela berjalan jauh untuk sampai ke lokasi tujuan.

Gunung Parang dan Gunung Bongkok, adalah dua gunung batu yang menjadi primadona keindahan Wisata Sasak Panyawangan dibandingkan dengan wahana lainnya.

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: Salsa Wisata

3. Climbing

Dikarenakan Gunung Bongkok dan Parang adalah jenis gunung bebatuan, maka menarik hati para pecinta Climbing.

Gunung tersebut biasa dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan menantang adrenalin.

Namun, wahana khusus Climbing hanya boleh dilakukan Sobat Traveler yang sudah terbiasa dan berpengalaman saja.

Jika Sobat Traveler menyukai wahana yang menantang adrenalin, wahana Climbing ini wajib dicoba.

Namun pastikan Sobat Traveler sudah terlatih dengan kegiatan Climbing. Karena aktivitas ini hanya boleh dilakukan oleh yang sudah terlatih saja.

Kegiatan Climbing di gunung batu ini cukup berbahaya. Jadi tidak boleh dilakukan oleh yang bukan ahlinya.

4. Flying Fox

Karena Wisata Sasak Panyawangan berada di antara dua gunung. Sehingga bagi Sobat Traveler yang ingin melihat keindahan pemandangan tersebut dari sudut yang berbeda, sebaiknya menaiki wahana flying fox.

Sobat Traveler akan lebih puas bila melihat keindahan alam di kedua gunung tersebut dengan menaiki Flying Fox. Dan rasakan sensasi yang berbeda dengan melihat panorama yang sangat memukau.

Tidak hanya itu, ketika melayang menggunakan Flying Fox, sejauh mata memandang pesona alam hijau terhampar akan menjadi daya tarik tersendiri yang didapatkan oleh pengunjung.

Selain itu, Sobat Traveler bisa menikmati udara yang sejuk dan segar. Hal ini akan langsung menghilangkan segala penat di pikiran Sobat Traveler.

Jadi, bagi Sobat Traveler  yang penasaran bagaimana panorama alam ini yang disajikan dan ingin menguji adrenalin, tidak ada salahnya untuk mencoba wahana Flying Fox. Nikmati wahana ini sambil melayang di udara dengan kecepatan penuh.

4.  Kolam Renang

Di wisata alam Sasak Panyawangan terdapat dua buah kolam renang yang berada di dekat kedua gunung batu tersebut.

Di dekat kolam renangnya sendiri terdapat beberapa batu alam yang besar untuk beratraksi seperti Cliff Jumping.

Kedua kolam renang tersebut berbeda kedalamannya. Bahkan ada peringatan terpampang di pinggir kolam renang yang dalam hanya untuk mereka yang bisa berenang atau mengenakan pelampung.

Jika Sobat Traveler berwisata ke sini, rasanya belum afdol jika tidak berenang.

Karena kolam renang ini berada di di dekat gunung dengan hamparan pemandangan yang memanjakan mata.

Selain itu  udara di kolam renang ini sejuk semakin menambah kenyamanan ketika berenang. Akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu di kolam renang ini.

5. Sunset yang Indah

Siapa yang tidak menyukai sunset? Sepertinya semua orang menyukai sunset dan senang berburunya. Ketika berada di wisata alam Panyawangan, Sobat Traveler bisa menunggu sunset yang indah.

Sambil menikmati keindahan alam pengunjung akan disuguhkan indahnya matahari terbenam.

Agar dapat menyaksikan sunset pada saat senja, sebaiknya Sobat Traveler sudah berada di lokasi pada saat sore hari.

Hal ini untuk mencegah dari ketinggalan menyaksikan serta mengabadikan momen indah tersebut.

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: ESQ News

6. Keindahan Alam Sasak Panyawangan

Karena lokasi ini berada di antara dua gunung, pastinya keindahan alam yang disuguhkan memanjakan mata.

Dengan pemandangan alam yang menawan membuat  spot ini diburu pengunjung untuk berswafoto ataupun selfi.

Dengan ketinggian yang ekstrim, Sobat Traveler akan dibuat terpesona dengan pemandangan yang menghadap ke arah Waduk Jatiluhur.

Ini menarik, karena waduk yang satu ini terkenal dengan waduk legendaris yang tedapat di Jawa Barat.

7. Hunting Foto

Hunting foto menjadi daya tarik di wisata alam ini. Pasalnya hamparan alam yang hijau menjadi daya pikat bagi pengunjung.

Hal ini karena alamnya yang sangat indah seperti di lukisan. Tentu saja tidak boleh dilewatkan bagi Sobat Traveler yang berkunjung ke sini dan wajib hunting foto.

Sobat Traveler pun dapat berfoto dengan berbagai pose dan latar belakang alam yang indah. Seluruh penjuru di tempat wisata Panyawangan ini menjadi spot foto yang bagus.

Tidak hanya itu Sobat Taveler juga bisa berswafoto sembari menikmati p alam yang memukau.

Jadi, pastikan Sobat Traveler membawa kamera ataupun smartphone yang bisa menunjang kebutuhan foto di sini.

Jangan sampai terlewatkan karena pemandangan yang indah akan menjadi momen yang indah yang diabadikan setiap waktu.

Fasilitas yang Terdapat di Kawasan Wisata Panyawangan

Fasilitas penunjang di wisata Sasak Panyawangan terbilang cukup memadai. Apa saja fasilitas yang ada di kawasan wisata ini, berikut beberapa fasilitas yang bisa Sobat Traveler coba:

  • Arena parkir yang luas untuk kendaraan mobil dan motor.
  • Mushola.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Warung makanan dan minuman.
  • Pusat Informasi dan loket destinasi.
  • Kolam renang.
  • Gazebo
  • Spot foto instagramable.
  • Penginapan.
  • Arena outbond

Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Sasak Panyawangan

Jam operasional di wisata Panyawangan ini buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 Wib. Baik hari biasa ataupun hari libur.

Karena ada penjaganya dan sudah dikelola, jadi buka dan tutupnya tempat wisata ini sudah teratur. Harga tiket masuk di kawasan wisata alam ini terbilang cukup terjangkau yaitu seharga Rp10.000,-.

Bagi Sobat Traveler yang mempunyai budget minim namun ingin tetap berlibur, wisata alam Panyawangan ini bisa menjadi solusi.

Namun harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir dan biaya wahana lainnya di daam kawasan. Jadi pastikan Sobat Traveler memiliki dana yang cukup ketika berkunjung ke kawasan ini.

https://www.jihanmayzura.com/
Sumber: Wisatanewsa.id

Rute Menuju Lokasi Kawasan Wisata Sasak Panyawangan

Ketika Sobat Traveler berkunjung ke kawasan wisata Panyawangan jaraknya dari Kota Purwakarta sekitar 23 kilometer.

Lokasinya di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Untuk berkunjung ke sini, Sobat Traveler bisa menggunakan kendaran pribadi, baik kendaraan motor maupun mobil. Sebagai patokannya ikuti rute berikut:

1. Dari Arah Kota Purwakarta

  • Wisata Panyawangan jaraknya sekitar 25.2 kilometer dari Kota Purwakarta. Dapat ditempuh selama 1 jam 12 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalur Cikampek.
  • Dari Kota Purwakarta di Jl. Veteran lalu menuju Jl. Suradireja kemudian ke Jalan Surawinata ada pertigaan Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Purwakarta. Setelah itu lurus terus sampai memasuki Jl. Jenderal Ahmad Yani.
  • Dari Jl. Jenderal Ahmad Yani lurus lagi sampai bertemu pertigaan taman parcom lalu belok kanan ke arah Jl. Basuki Rahmat. Lalu lurus lagi sampai masuk ke Jl. Pemuda atau lebih dikenal dengan jalur Cikampek sampai memasuki Jl. Raya Sukatani.

  • Dari Jl. Raya Sukatani terus lagi sampai ada pertigaan Indomaret Cimuntuk kemudian belok kanan. Lalu di Toko Dodo belok kanan lagi sampai menemukan Pasar Anyar Sukatani.

Setelah itu belok kiri, ikuti saja jalur tersebut sampai bertemu pertigaan Martha Cell kemudian belok kanan.

Terus lurus lagi sampai memasuki Jl. Pananggahan dan ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Masjid Al Barokah. Dari Masjid AL Barokah belok kiri. Kemudian terus lurus sampai bertemu pertigaan kedua lalu belok kiri.

Terus ikuti jalan tersebut arahkan kendaraan langsung menuju Tegal Waru. Lalu Sobat Traveler bisa mengikuti arah yang menuju Gunung Bongkok. Ikuti saja jalan menuju Gunung Bangkok. Tidak lama kemudian akan menemukan kawasan wisatanya.

2. Dari Arah Jakarta

  • Keluar di tol Ciganea dan Jatiluhur. Lalu mengambil jalur kanan arah Pasar Anyar Sukatani. Setelah sampai di Pasar Anyar ambil belok kanan.
  • Setelah itu, jalan terus ikuti patokan jalan sampai ke pertigaan Gunung Parang. Kemudian belok ke kiri dan akan terlihat arah menuju kawan wisata Panyawangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan di Kawasan Panyawangan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengunjung ketika akan datang ke kawasan ini, di antaranya:

  • Sebaiknya datang bersama keluarga atau rombongan.
  • Waktu paling rekomended untuk mengunjungi Sasak Panyawangan pada pagi hari.
  • Bawa pakaian ganti.
  • Bawa kamera pribadi atau kamera saku.
  • Jaga kesehatan, kebersihan dan selalu berhati-hati ketika berwisata di tempat ini.

 

Berwisata ke Sasak Panyawangan menjadi salah satu alternatif yang bisa Sobat Traveler lakukan ketika jenuh dengan rutinitas selama sepekan. Destinasi wisata ini mampu menghadirkan keindahan tersendiri yang dapat melepas penat dari pikiran sehingga membuat fresh kembali.***

Related Posts

10 komentar

  1. masyaallah indahnya pemandangannya, harga tiketnya terjangkau pula, masuk wishing list dulu aja, smeoga someday bisa ke Purwakarta

    BalasHapus
  2. para traveler yang suka dekat dengan alam bisa banget ya ke Purwakarta. Sasak panyawangan, yang menawarkan keindahan alam nan mempesona.

    BalasHapus
  3. Baru tahu ada tempat sekeren ini di Purwakarta. Ini wajib liburan ke Sasak Panyawangan, bisa aktivitas berenang dan climbing. Libur panjang ke sini ah, deket juga dari tempat tinggal.

    BalasHapus
  4. Ini masuk list aku loh, pengen banget bisa camping dan menikmati kesejukan serta keindahannya, apalagi pada saat sunset.

    BalasHapus
  5. Itu kolam renangnya pengen bae dah ngojay dan ngebak, berenang seru nih di Panyawangan, tempatnya ngademin,Purwakarta memang top untuk pengelolaan wisata.asik banget

    BalasHapus
  6. kakiku jadi bergetar hebat kak pas lihat foto yang jalan menepi alias si climbing gitu. deuh kudu paham angin nih biar pas kena hembusan angin gak ikut terhempas. tapi asik sih memang daya tarik di sana

    BalasHapus
  7. MasyaAllah tempat-tempatnya indah semua ya dan benar-benar jadi dekat dengan alam nih kalau seperti ini.
    sejujurnya saya penasaran lihat Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

    BalasHapus
  8. Bagus bangetttt. Kapan ya aku bisa kesini? Banyak jenis wisata alamnya. Ada pegunungan juga. Ada kolamnya juga. Komplit deh

    BalasHapus
  9. Masya Allah bagus banget! Aku penasaran dengan naik jembatan bambu sambil melihat pemandangan gunung di sekitarnya.

    BalasHapus
  10. Waaah baru tau kalau Purwakarta alamnya seindah ini. Sepertinya patut untuk disambangi ya kak.

    BalasHapus

Posting Komentar